Tips supaya anak bisa membaca cepat

1. Tidak ambisius

Terus terang, pada dasarnya kami berdua (saya dan m’Agus) bukan tipe orangtua ambisius yang ngotot menjejali anaknya dengan berbagai macam ini itu hanya demi supaya si anak tampak menonjol. Termasuk diantaranya saat mengajari membaca. Kami menerapkan prinsip: let if flow.

Ini penting sebagai dasar pengajaran. Karena ketika kita sebagai orangtua terbebani dengan ambisi-ambisi tertentu dalam mendidik anak, maka hasil yang keluar adalah rasa frustasi saat si anak tidak menunjukkan hasil yang diharapkan.

2. Mulai dengan pengenalan abjad

Perkenalkan ke-26 abjad kepada anak dengan cara kreatif. Hindari session khusus untuk belajar. Karena cara yang paling efektif untuk mengajari anak (dalam berbagai hal) adalah dengan bermain.

Tips.

* Beli satu kantung Nugget berbentuk alphabet. Ajaklah anak Anda bermain Peta Harta Karun. Cara bermain: Goreng nugget sampai matang. Sisipkan di dalam nasi yang akan dimakan anak Anda. Kemudian minta anak Anda untuk mencari huruf tertentu yang telah Anda sebutkan.

Jangan kecil hati jika si anak masih sering salah tunjuk atau keliatan ngawur. Namanya juga proses belajar, kan? Sebaliknya jika si anak mampu menunjuk huruf yang kita minta secara tepat, beri dia reward berupa pelukan atau ciuman.

3. Merangkai huruf

Setelah pada usia 1.5 tahun Kayla mampu menghafal seluruh abjad dengan baik dan benar, maka yang saya lakukan selanjutnya adalah mengajarinya untuk merangkai huruf-huruf tersebut.

Tapi kesalahan fatal yang saya lakukan adalah saya mengajari Kayla dengan metode urdu. Misalnya kata BOLA yang selalu saya eja dengan: Be-O, BO, eL A, La = BOLA. Atau BUDI menjadi Be-U, BU, De-i, DI = BUDI. Sesuai dengan apa yang pernah saya pelajari ketika masih SD dulu: huruf per huruf dirangkai terlebih dahulu untuk kemudian disambung menjadi suku kata dan akhirnya menjadi sebuah kata yang utuh.

Dan ternyata metode pengajaran secara urdu tersebut terbukti kurang efektif karena dalam kurun waktu 1 bulan kemampuan membaca Kayla masih tersendat-sendat. Tidak ada kemajuan yang berarti. Sempet heran juga sih, sebenernya. Salahnya dimana?!

Sampai kemudian akhirnya aku berusaha untuk merubah metode merangkai huruf tersebut menjadi merangkai suku kata. Sehingga kata BOLA dieja menjadi BO-LA dan BUDI menjadi BU-DI.

Ajaib! Dalam waktu 1 minggu sesudahnya, tiba-tiba Kayla sudah mampu dilepas membaca sendiri secara lancar.

4. Sediakan buku yang cukup

Jika dana Anda tidak terbatas, mengapa tidak menggunakannya untuk memanjakan anak Anda dengan membelikan buku-buku bermutu untuknya secara rutin, seminggu sekali, misalnya?

Karena ada juga fenomena orangtua yang mempunyai dana tidak terbatas tapi merasa sayang membelanjakan uangnya untuk membelikan buku bagi anaknya. Sehingga meskipun tas tangan yang ditenteng sang Ibu berharga jutaan, tapi untuk buku seharga (cuma) 20-40rb dianggap mahal sekali.

Lantas bagaimana dengan Anda yang dananya tidak tak terbatas? Jangan khawatir. Karena Anda masih bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan swasta/pemerintah, membeli buku-buku bekas dengan harga yang lebih miring, meminjam dari teman/saudara, etc.

Kesimpulan: selalu sediakan bahan bacaan bagi anak Anda, entah bagaimana caranya.

5. Jadilah contoh yang baik

Tunjukkan kepada anak Anda bahwa kegiatan yang paling sering Anda lakukan untuk mengisi waktu luang adalah membaca. Sehingga anak Anda akan tergerak untuk menyukai buku, seperti halnya orang tua mereka.

tips dari mba vina ~ Seoul

(http://revinaoctavianitadr.multiply.com/journal/item/281/Kok_Kayla_Bisa_Baca_Sejak_Umur_2.5_tahun_sih)

About these ads

21 Comments

Filed under pendidikan

21 responses to “Tips supaya anak bisa membaca cepat

  1. mba thanks tips nya langsung mau tak terapin sama yasir biar kayak kayla dan semoga tidak telambat ^^…
    setelah tak baca2 kok kayaknya kenal dengan sebutan mas agus eh…. ternyata… pas tak liat dibawah.. oh..ini tulisannya mb vina toh…
    mantaabbbb… ^^

  2. merlina

    trims.atas tipsnya akan saya praktekkan pada anak didik saya

  3. Makasih udah di-link, yaaaa … *_*

    Salam,
    Vina

  4. reny

    thanks sarannya,mdh2n dpt brguna utk anak saya kelak,amin

  5. putuyustikarini

    makasih tipsnya saya mau coba langsung pada Keisha anak saya yang udah 3 tahun trims mbak vina

  6. maya krisna

    Thanks ya..info,mud2han dg metode sashi bs cpat mmbaca.

  7. pas..metode yang cocok….biar anak gak bingung

  8. yuli

    anak q 2th, sdh hapl abjad, tp setiap kali ditanya huruf ” A ” mana ga bisa, begitupun dgn angka. gimana solusinya?

  9. nunet

    thank tips nya ya….kebetulan ak skrg lg ngajarin anakku baca, emang klo pake metode yg lama susah

  10. Maryani Sosis

    trima kasih banyak,namun karena sy sbagai guru di daerah perkampungan sulit sekali mencapai hasil yang efektif dengan metode tersebut karena contohnya kata KA-KA-K anak membacanya jadi KAKAeuk.bagaimana lagi cara menerapkan metodenya?

  11. robet Caniago

    bagusssss metodenya,tapi anak sy sulit membedakan anatara hurup b dan d bahkan huruf p apabila huruf tersebut dipisah jadi sebuah kartu.bagaimana cara supaya tidak tertukar lagi ?

  12. dianpurnama

    maksih atas trik ini

  13. Siang,,,, wah bagus banget untuk artikelnya, tapi saya masih mengalami kesusahan. anak saya sudah 5,5 thn tapi belum bisa membaca. Huruf alfabet pun masih banyak yang keliru. saya sudah berusaha beli buku baca bergambar sambil mewarnai karena anaku hobi mewarnai. tapi mengapa kok masih sulit juga mengajarinya. kira2 cara gimana lagi agar anak sya cepet bisa baca karena sudah mau ke SD. Terimakasih….

  14. Park eun hye

    Trimakasih……
    Aq aknum coba bwat adik aq… Mdh-mdh.n bsa begun bwat adik aq…

    …*-*…

    Gamsha hamnida…

  15. boenda zahra & habib

    Wah, artikel yg bagus, mkch ya…
    Akan saya coba terapkan sama zahra yg umrnya 1 thn 7 bln…

  16. makacih ya udah ngasih tips ke aku soalnya aku ke bawaan spks nih membaca cepat sekali lagi terimakasih

  17. Untuk Pengenalan abjad menggunakan kartu kayaknya lebih efektif?

  18. melda

    Saya punya anak di2k yg sampe saat ini tdk bisa membca…slain it mslh yg sy hdpi yg pling tdk bisa saya atasi kmauan bljarny yg sulit utk dpancing…bhkn tdk bisa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s