Kurikulum PAUD berdasar Multiple Intelligence

Buncil ingin berbagi tentang materi kuliah “Multiple Intelligence”  dalam PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)..

saat ini sudah banyak sekolah-sekolah yang mengembangkan aspek-aspek dalam Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) dalam kurikulumnya, termasuk dalam kurikulum TK.

Sementara buncil hanya bisa berbagi kurikulum Pos PAUD Terpadu
(yang disebut MENU GENERIK) untuk anak usia 4-5 tahun yang indikatornya sudah kami pilah-pilah ke dalam 9 jenis kecerdasan..

Sedangkan untuk kurikulum TK (KBK 2004) .. Insya Allah menyusul…

***

1. KECERDASAN LINGUSITIK

  • Mendengarkan orang tua/teman berbicara
  • Dapat menjadi pembicara dan pendengar yang baik
  • Menirukan kembali 3-4 urutan kata
  • Menyebutkan kata-kata dengan suku awal kata yang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama, misal: nama-sama, dll
  • Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
  • Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana
  • Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
  • Menunjukkan gerakan-gerakan, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih, dll
  • Menyebutkan posisi/keterangan tempat. Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri, di kanan, dll.
  • Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)
  • Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
  • Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan
  • Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya
  • Menyebutkan bentuk-bentuk benda yang baru dilihatnya
  • Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
  • Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
  • Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.

2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS

  • Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
  • Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut cirri-ciri tertentu.
  • Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
  • Membilang atau menyebut urutan bilangan minimal dari 1-10.
  • Membilang dengan menunjuk benda ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
  • Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 5.
  • Mengenal konsep banyak-serdikit, lebih-kurang, sama-tidak sama.
  • Menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis).
  • Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
  • Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segi empat, segitiga).
  • Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
  • Mengerjakan maze ( mencari jejak) yang sederhana.
  • Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-6 keping).
  • Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
  • Membedakan konsep kasar-halus melalui panca indera.
  • Memecahkan masalah sederhana.
  • Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara, keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur.
  • Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah, jengkal, benang atau tali, dll).
  • Membedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera.
  • Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
  • Membedakan konsep tinngi ke rendah.
  • Membedakan konsep besar kecil.
  • Membedakan konsep cepat-lambat.
  • Membedakan waktu (pagi, siang, malam).
  • Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan an tahun.
  • Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,…..

3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL

  • Membuat berbagai macam coretan
  • Membuat gambar dan coretan (tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang di buatnya
  • Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
  • Membaca gambar yang memiliki kata/ kalimat
  • Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbul yang melambangkannya
  • Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat, menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional) stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karet busa,dll.)

  • Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
  • Mewarnai bentuk gambar sederhana
  • Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
  • Mencipta bentuk lidi
  • Membatik dan jumputan sederhana
  • Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya: Krayon,cat air,dll
  • Melukis dengan jari ( Finger Painting )

4. KECERDASAN MUSIK

  • Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana
  • Membuat bunyi-bunyi dengan berbagai alat
  • Menciptakan alat perkusi sederhana (misalnya membuat krincingan dari tutup botol)
  • Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama
  • Menggerakakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
  • Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama music
  • Menyanyikan lagu secara lengkap
  • Menyanyikan beberapa lagu anak
  • Mencipta mengarang syair lagu
  • Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
  • Mengucapkan syair dari beberapa lagu

5. KECERDASAN KINESTETIK

  • Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
  • Menjiplak dan meniru  membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
  • Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
  • Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
  • Menggunting bebas
  • Merobek bebas
  • Meronce dengan manic-manik
  • Berjalan ke berbagai  cara, isalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit (angkat tumit), berjalan mendur
  • Melopat ke berbagai arah dega satu atau dua kaki
  • Memanjat,bergantung, dan berayun
  • Berdiri dengan tumit, berjalan di atas stu kaki dengan seimbang
  • Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
  • Berlari dengan berbagai variasi
  • Merangkak dengan berbagai variasi
  • Melakukan gerak keseimbangan pada saatduduk dan berdiri
  • Memutar dan mengayunkan lengan
  • Menarik dan mendorog benda
  • Membungkukkan tubuh
  • Membungkukan badan
  • Melambungkan dan menangkap objek (bola besar,kantong biji, dll)
  • Menangkap dan melempar objek (bola besar,kantong biji, dll)
  • Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) diam ditempat
  • Memantulkan objek (bola besar,kantong biji, dll) sambil berjalan/ bergerak
  • Mencocok dengan pola bantuan guru

6. KECERDASAN INTERPERSONAL

  • Bersikap ramah
  • Meminta tolong dengan baik, mengucapkan salam
  • Berterima kasih jika memperoleh sesuatu
  • Berbahasa sopan dalam berbicara
  • Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
  • Mau mengalah
  • Mau berbagi miliknya dengan misalnya makanan, mainan, dll
  • Meminjamkan miliknya dengan senang hati
  • Sabar menunggu giliran
  • Dapat atau suka menolong

7. KECERDASAN INTRAPERSONAL

  • Tidak mengganggu teman
  • Mampu mengerjakan tugas sendiri
  • Menunjukkan kebanggan terhadap hasil karjanya
  • Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
  • Membersihkan diri sendiri dengan bantuan, misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
  • Membantu membersihkan lingkungannya
  • Berhenti bermain pada waktunya
  • Dapat dibujuk
  • Tidak cengeng
  • Mematuhi perintah secara sederhana
  • Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
  • Mengenal dengan baik jenis permainan yang dipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
  • Mengetahui barang-barang milik sendiri dan milik orang lain
  • Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
  • Melaksanakan tata tertib yang ada di sekolah
  • Mengikuti aturan permainan
  • Melaksanakan tugas yang diberikan guru
  • Mengenal dan menjaga barang milik sendiri
  • Dapat memasang kancing atau resleting sendiri
  • Memasang dan membuka tas sepatu
  • Mampu makan sendiri
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Berani pergi dan pulang sendiri
  • Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, dan mengikat tali sepatu
  • 4.NATURAL
  • Menyiram tanaman, member makan binatang
  • Membantu membersihkan lingkungannya
  • Membuang sampah pada tempatnya

8. KECERDASAN NATURAL

  • Menyiram tanaman, memberi  makan binatang
  • Membantu membersihkan lingkungannya
  • Membuang sampah pada tempatnya

9. KECERDASAN SPIRITUAL

  • Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
  • Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
  • Menirukan gerakan ibadah secara sederhana
  • Menyebutkan waktu beribadah
  • Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan. Misal: manusia, bumi, langit, tanaman, hewan

67 Comments

Filed under pendidikan

67 responses to “Kurikulum PAUD berdasar Multiple Intelligence

  1. ijin copas di blog saya yah….buat panduan ngajar anakku. Jazakillah khair

  2. silahkan di copas mbak..
    malah seneng ada yang bantuin nyebar ilmu… :)

  3. novita

    ijin copas ya.. untuk mengelola tpa di rumah. tq

  4. lina

    ijin copas ya… . sudah lama kami mencari2 materi2 spt yg ada di sini buat melengkapi kurikulum playgroup dan tk kami. selama ini kami coba meramu kurikulum yg paling pas buat anak2 kami. mudah2n ilmunya bermanfaat dan barokah. jazakillah khair…

  5. yasinta

    Ijin copas ya buat panduan bimbelku…tks banget. Salam kenal.

  6. ria ircham

    ijin copy u kegiatan anak2 paud di tanahsereal,bogor ya..trm ksh

  7. vidya

    mhn ijin copas utk materi PAUD yg akn kami dirikan

  8. Rona

    Untuk menu generik usia 3-4 tahun sama ya dngn 4-5 tahun?syukron

  9. ida

    bantuin untuk kurikulumnya dong, syukran

  10. Eva

    Ijin copas yah….
    Saya butuh buat panduan mendidik putri kecil saya.
    Jazakallah khoiron katsiron. Terima kasih.

  11. herman

    trim’s ya. dah dpt apa yg saya perlukan, moga bermanfaat bwt semua.

  12. suwartono

    ijin copas , krn aq suka banget dg dunia PAUD.

  13. NIA

    ijin copas njih…

  14. Ve

    ijin copas njih,,buat bahan Pos PAUD di Jepara tempat PBL saya,,,terimakasih,,:)

  15. Ta

    izin ikutan copas yach…utk jd bahan referensi kurikulum kami ..trim’s sebelumnya

  16. atik

    thank ya…aku ijin ikutan ya….mdh2 ini dpt aku jadikan bhn acuan

  17. fadya

    ijin copas ya? sbgi referensi aq mengajar anak2ku

  18. nurul sulamiasih

    izin copas yaa, uk meambh wa2san pd PAUD kami d kaltim..trims sblumnya..

  19. ike

    Ass,apa ada contoh untuk kurikulum baby school ( 3 bln – 3 th?)jazkh

  20. nila

    minta ijin copas..utk pnduan bimbel RBA di Malang.. Jazakillah…

  21. yussi

    ass, bisa tdk sy minta contoh kurikulum utk usia 2-3 dan 3-4?

  22. suryawati

    ijin copas juga mau mencoba buka paud diposyandu rwku,boleh tanya2 gak nanti kalo ada kesulitan? makasih banyak

  23. what an interesting…..ijin copas yeeee …^,^v

  24. yanto

    Ijin ngopi..thanks

  25. Uci

    izin untuk copas ya, trims n semoga sukses selalu..(buat bahan Pantomim anak)

  26. ijin copas di bog saya ya, utk bahan blajar anak. thaks smoga sukses

  27. siskalusiana

    ijin copas juga gan..utk bahan knowledge di blog aq krn kbtlan blog aq berhub. dg dunia anak. Thanks gan..

  28. Krista Tarigan

    ikutan copas juga ya buat PAUD di Tanah Karo

  29. nurhalimah

    mohon izin cops jg ya..,soalnya PAUD didaerah sy sepertinya masih jauh dari kurikulum ini.

  30. salam kenal….
    kurikulum yang disusun sangat menarik, untuk itu saya minta izin copas sebagai bahan referensi untuk menyusun kurikulum di pos paud desa saya. terima kasih.
    salam hangat dari bandung

  31. ijin saya simpan di komputer saya untuk saya baca2 saat offline

  32. ori wonosobo

    mba ijin copas ya….ini yang sedang aku cari….moga tambah bermanfaat bagi semua…..tks.

  33. Cecep Ulum B.,S.Pd.

    Mohon izin copas yach sebagai bahan materi pembelajaran dalam paud, semoga Tuhan membalas kebaikan anda!

  34. Pingback: Kurikulum PAUD berdasar Multiple Intelligence « Belajar tiada henti…..Bersyukur tiada lupa…

  35. Artikel menarik..blognya juga keren..
    Salah satu cara menyelamatkan anak-anak adalah melalui media pendidikan..
    Karena setiap anak pasti akan mengecapnya…
    Senang berkunjung di blog anda yang juga peduli pada dunia anak…
    Saya juga punya artikel tentang dunia anak-anak di blog saya..
    Ada juga :
    1. Tips parenting
    2. Pendidikan kreatif anak
    3. Dongeng pendidikan..
    4. Lagu anak
    5. D l l
    Semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Salam kenal dari Kak Zepe
    Mari bertukar link.. 

  36. ijin copas ya :) jazakallah

  37. izin to ikut mempljr to bahn2 di PAUD kami,,trims

  38. dwi

    salam kenal,..
    bisa minta dikirim ke email saya : srageniyah@yahoo.com , menu generik yang untuk anak usia 2-3 tahun dan 3-4 tahun? untuk panduan pos paud yang baru saya dirikan di kampung. trimakasih

  39. yani

    boleh sy copy ya!makachi

  40. eny

    mau tanya bagaimana bentuk laporan semester buat orang tua, kalau bisa kasih contohnya ya
    . sukron

  41. daus

    TOLONG DIKIRIM SAYA KURIKULUM PAUD ya Kawan……..

  42. lidiya

    ijin copas ya… makasih atas ilmunya..

  43. untuk menu generik anak usia 1 tahun TPA ada tidak?

  44. rahmawati

    ijin copast, trimakasih banyak

  45. nuryanti hamid

    izin copas ya mbak,ini benar2 yg saya cari..

  46. tedjo

    alhamdilillah tambah ilmuku, thank’s ya…………

  47. GOKMEN

    saya kira ini adalah kurikulum paud yang terlengkap, boleh saya adopsi kurikulum ini.

  48. seru nih untuk di baca
    terimakasih info dan ilmunya yaa

  49. aulia

    ijin copy paste ya mbak.. jazakumullah khoiron katsir…^^

  50. erin

    Alhamdulillah stlh lm mncari akhirx dpt jg.sy jg mw copas bwt mngasuh anak2 d rmh.syukron&jazakillah khoir yaa…

  51. ma2d

    Ijin ngopy ya. Trims.

  52. Ijijn copas ya mbak ,syukron & jazakillah

  53. om say

    hehe… q jg donk, ijin copas ^-^

  54. mangir

    saya sangat senang ada yg mau berbagi ilmu
    smoga bs berkelanjutan

  55. mutiara

    ijin copas untuk PAUD kami di gedangan….terima kasih

  56. isti qoriyah

    menarik sekali kurikulum PAUD berdasarkan MI, kalau boleh saya minta dikirii kurikulum PAUD berdasar MI untuk usia 3-4 tahun, terimakash

  57. ella ahmad

    izin copas juga ya..

  58. riri

    makasih ya dah berbagi. alhamdulillah bagi bagi ilmu. dan ini penting banget buat kami.

  59. rohana retnawati

    klo indikator lengkap untuk playgroup punya g ya?klo pny mau juga dikirimi.mksih

  60. akhmad ghozali

    insya allah aq dan tmn2 berencana mendirikan paud. ijin copas ya. terima kasih

  61. mamik

    Izin copas ya insyaallah bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s