Menjadi pendidik… Profesional Saja, Cukupkah?

Seorang guru, sebut saja guru A, sedang mengajarkan Al Quran pada murid-muridnya dengan sangat profesional. Dia menempuh semua prosedur standar pembelajaran yang baik. Guru B juga demikian. Namun dalam mengajar, guru A hanya mengandalkan profesionalisme, sedang guru B lebih dari sekedar profesional. Ia menjaga betul hatinya untuk selalu ikhlas, semata-mata mengharap ridha Allah SWT. Karenanya, setiap hendah mengajar, guru B selalu dalam keadaan suci (berwudlu).

Menurut Anda hasil apakah yang akan diperoleh guru A dan guru B?

Guru A karena profesionalismenya akan menghasilkan murid-murid dengan kemampuan membaca Al Quran sangat baik. Tapi, apakah dia mampu melahirkan murid-murid yang mencintai dan dicintai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari mereka? Mencintai berarti ada kerinduan untuk tetap membaca Al Quran sampai kapanpun. Ada ketentraman yang mereka rasakan ketika membaca Al Quran. Dicintai berarti terus berusaha agar perilaku dan akhlaknya sesuai dengan isi Al Quran. Sehingga Tuhan yang menurunkan Al Quran ridha dan cinta kepada mereka.

Alangkah dahsyatnya hasil yang akan didapat jika ada guru (guru apa saja) yang berpadu dalam dirinya antara profesionalisme dan kebersihan hati.

Mendidik anak separuhnya adalah urusan hati. Maka jika seorang guru ingin hasil anak didiknya melebihi harapan atau the outstanding result, maka dia harus melibatkan kekuatan hatinya untuk menunjang profesionalismenya. Peningkatan kemampuan profesionalisme seorang guru haruslah seiring dengan peningkatan kebersihan hatinya. Seiring dengan kedekatannya pada Allah Rabb semesta alam. Agar lahir generasi yang Allah ridha kepadanya dan dia pun ridha kepada-Nya, generasi Robbi Rodliyya.

Sumber: Bapak Masruri, Direktur Konsorsium Pendidikan Islam

Leave a comment

Filed under artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s