Mengapa pondasi penanaman nilai moral dan agama ada pada anak usia prasekolah?

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa usia dini amat penting dalam perkembangan psikis (mental) seorang anak, sehingga sebagian ahli anak menyebut usia 0-7 tahun sebagai GOLDEN AGE, meskipun pada usia berikutnya perkembangan psikis ini tetap perlu diperhatikan.

Anak usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentangan usia 0-7 tahun. Pada usia ini secara terminologi disebut sebagai anak usia prasekolah. Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80%. Pertumbuhan dan perkembangan sambungan syaraf-syaraf di otaknya sangat pesat terjadi, sehingga segala informasi/treatment yang diterima anak membentuk dan mempengaruhi kepribadian dan kemampuannya di masa datang.

Usia 4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh sebab itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.

Leave a comment

Filed under artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s