Planting Class

Saya dan lab-mate ada program planting rice di kota Gunwi. Nah, dari campus saya sekitar 1 setengah jam. Sebenarnya ini hal yang biasa sih, karena memang saya di jurusan horticulture jadi wajar melakukan hal seperti ini. Tapi yang membuat saya tersenyum kemaren adalah… ternyata pak prof mengundang anak2 TK atau SD kelas 1 ya? Yang jelas planting rice kemaren melibatkan anak2 itu. Mungkin semacam pengabdian masyarakat kali ya. Jadi anak-anak kecilnya disuruh menanam padi juga. Tapi cuman 3 baris saja. Namanya juga anak-anak…karena lahannya berlumpur dan banyak air-nya, jadi mereka malah mainan, hahaks. Lucunyaaa. Sayang ya, saya masih ga bisa bahasa Korea… kalau bisa sudah saya ajak ngobrol mereka. Planting rice memang program yang bagus untuk pendidikan anak-anak. Karena setidaknya setiap anak akan merasakan bagaimana rasanya nyebur di lumpur…di situ kita akan mempelajari tektur tanah untuk menanam padi. Lalu bagaimana bentuk tanaman yang menghasilkan nasi yang biasa kita makan setiap hari. Juga mereka akan belajar tentang bagaimana ekosistem persawahan. Hal yang simpel saja. Apa saja hewan atau serangga yang ada disawah, tanaman apa saja yang ada di sawah…mereka bisa mempelajarinya sambil bermain. Karena anak se-umuran itu adalah anak yang haus rasa ingin tahu. Jadi saya sempat mengamati beberapa anak yang mainan di dalam lumpur, mereka mengejar-ngejar serangga di dalam lumpur itu dan berdiskusi sama temannya ini hewan apa.

sumber : adrianna’s blog

Leave a comment

Filed under experience

Leave a Reply

