Kid’s Shows on TV

Waktu blog walking ke home nya teman Buncil, eh dia bahas tentang Kids. Jadi, Buncil culik saja tulisannya hehe….

yah, semoga aja teman Buncil nggak cuma nulis, tapi kali aja bisa bikin the Real Kid’s Shows-nya..hihi. ayo Buncil dukung. Mungkin ilmunya waktu kuliah di sistem informasi bisa diaplikasikan. Mari kita bangun sistem informasi yang mendidik untuk negeri ini… (sekali-sekali nasionalisme ;p )

***

Ketika makan malam hari ini, sejenak kulihat tv yang ada di warung makan dekat kantor, acara saat itu menayangkan sebuah serial anak-anak yang kira kira judulnya si mamat dari pasar jangkrik ato apalah di TPI. Tentang seorang anak yang punya kekuatan khusus dan serba serbi kehidupan masyarakat di pasar daerah. Beberapa kali melihat serial anak anak di TPI termasuk yang ini, gak tau kenapa yang punya warung suka nonton TPI ya, rasanya kok agak miris ya. Acara acara ini entah kenapa menurutku tidak mendidik sama sekali. Memang sih ada unsur agamanya di situ, tokoh utamanya bismillah dulu kalo mau mengeluarkan kekuatannya, tapi ya itu tadi, kekuatannya itu loh, dan cara dia make kekuatannya itu, gak ada bagus bagusnya. Jangan jangan nanti anak anak berpikir kalo setelah baca bismillah bisa punya kekuatan kayak di tv, bisa mukul jarak jauh, bisa membuka pintu yang terkunci tanpa alat apapun, bisa menghentikan orang seketika, dan lain lain. Dan kalo kemudian ternyata setelah baca bismillah, gak terjadi hal hal ajaib seperti itu, jangan jangan anak anak Indonesia jadi meremehkan bacaan tersebut, menganggapnya mantra tipu tipu, dan mungkin jadi meremehkan agama, ow my god, no!

Memang sih serial si Mamat ini cukup punya potensi jadi bagus, sayang banyak hal yang jadi jelek, dan keseluruhan aku gak terlalu suka. Acara tersebut cukup lucu dengan tingkah tingkah konyol tokoh tokohnya, tapi ya gak usah pake ngotot gitu dong, pake acara memaki maki. Terus dikit dikit maen pukul, ini kalo ditiru anak anak gimana.

Sering terbayang dalam pikiran, sebuah mimpi suatu saat bisa membuat sebuah film anak anak yang mampu memotivasi mereka, memberikan mereka sesuatu yang pantas ditiru. Tapi tetep fun dan entertain. Salah satu yang terpikir, misalnya nih cerita tentang anak yang cerdas dalam memanfaatkan segala sesuatu untuk mengatasi masalah. Model McGyver cilik gitu, lha di dalamnya bisa dimasukkan unsur pendidikan, misalnya Ilmu Alam, biologi, kimia, fisika yang sederhana dan bisa diterapkan di kehidupan sehari hari. Di tengah-tengahnya ada penjelasan dikit tentang apa yang dilakukan sang tokoh utama kok bisa jadi begitu. Nanti di sana ada tokoh yang freak internet namun bisa menjadi tempat jujukan sang tokoh utama bertanya. Masalah yang ada tidak perlu susah susah, namun tetap bisa diatasi tanpa perlu dengan kekerasan atau kemampuan ajaib yang gak jelas. Ditambah lagi tokoh utamanya pinter ngaji dan olahraga, perfect banget deh, he he.

Ide lain tentang cerita perjalanan seorang anak mengejar cita citanya menjadi pemain bola, mulai dari latihan, menghadapi pertandingan, belajar bersahabat dan menghargai kawan serta lawan. Dan mungkin di akhir seri dia berhasil menjuarai sesuatu. Di dalamnya bisa dimasukkan pelajaran teknis tentang latihan sepak bola yang benar benar bisa diterapkan. Atau strategi permainan sepak bola yang menarik. Tapi gak pake jurus aneh aneh dan hal hal mustahil lainnya. Yang realistis ajah. Banyak hal positif bisa diberikan di sana, motivasi, manajemen waktu, dan lain lain. Bahkan mungkin dibuat seri lanjutannya ketika dia remaja dan mulai banyak hal yang menjadi prioritas, dibuat ada pertarungan batin antara mengejar cita cita atau fokus pada hal lain yang muncul pada kehidupan remaja. Teknik latihan, lawan menjadi lebih advance daripada seri yang masih anak-anak. Atau bahkan lebih jauh lagi, dibuat lanjutannya ketika dewasa dan bercita cita menjadi pemain Tim Nasional, wuih, tema tema nasionalisme, pantang menyerah dan lain lain bisa masuk di situ. He he, Tsubasa banget, tapi hei, belum ada yang bikin dorama ato live actionnya kan ? :p

Ya semoga suatu saat, acara acara yang bagus benar benar muncul dan menjadi idola di tanah air. Amin.

Leave a comment

Filed under artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s