Pendidikan ala Barat

Hari Kamis kemarin buncil mendapat kuliah tentang betapa parahnya pendidikan di Indonesia. Uda salah kaprah sekaprah-kaprahnya. Bukan saya yang bilang lho. Hohoho, meskipun sejak SMP dulu saya sudah nyadar kalo pendidikan kita uda gak mutu banget. huh..Poor Indonesia!! Sampek dulu saya pernah punya cita-cita jadi Menteri Pendidikan…hihi *plis de*. Tapi karena permasalahannya udah super sistemik banget, jadi saya give up duluan deh..*piz*

Nah dosen saya ini kebetulan pernah terpilih menjadi wakil dari guru SMP (satu-satunya dari Indonesia) untuk  mengadakan studi banding selama 1 tahun ke Inggris.

Kebetulan beliaunya sekarang menjadi kepala sekolah tempat saya dulu sekolah SMP. waktu saya sekolah, beliau belum masuk SMP saya.

Sebenernya saya pribadi kurang begitu respekbeberapa penjelasan beliau. Karena saya rasa beliau terlalu mengagungkan pendidikan ala Barat.  Kurang menghubungkan dengan Islam. Padahal kalau saya telaah, beberapa system pendidikan di Barat yang baik-baik itu  ya seperti yang diajarkan Islam kok. Tapi ironisnya justru kita umat Islam tidak mengaplikasikannya untuk pendidikan umat kita sendiri. Mungkin ini juga sudah masuk rencana kaum non muslim yang memang ingin menjauhkan umat Islam terhadap ajarannya sendiri.

Jadi, kadang ada sisi saya tidak terima… jika seakan-akan pendidikan barat itu hebaaaaaaaat sekali. Karena sebenernya Islam dululah yang peradabannya lebih maju. Tapi setelah Perang Salib, mereka merampok ilmu kaum muslim.

Maksud  saya sih, akan lebih baik jika kita menggali saja pendidikan ala Islam yang terkubur mungkin sangat dalam sekali. Baru kemudian membandingkan dengan pendidikan ala Barat sekarang.

Alangkah baiknya jika kita menumbuhkan kecintaan kita pada pendidikan ala Islam.  Karena sebaik-baik pendidikan ala barat yang memang terbukti mencetak  ilmuwan-ilmuwan handal, tapi apalah artinya jika akidahnya rusak. Iya nggak sih?

Bukannya saya syirik dengan Negara Barat yang justru lebih bisa menerapkan pendidikan ala Islam (non akidah) . Tapi saya sangat  merasa terganggu jika sampai ada orang yang berpikiran begini “ternyata Negara Barat lebih baik daripada Islam yah. Ah apa Islam ini gak maju blas”

Bukan Islamnya yang buruk, tapi introspeksi bagi kita kaum Muslim yang kurang memahami ajaran agama kita secara menyeluruh. Padahal kalau kita belajar lebih jauh tentang Islam, subhanallah indahnya. Tidak ada apa-apanya pendidikan ala barat itu.

Jadi, tugas kita sekarang tetaplah 1… BELAJAR!!! Hehe

Belajar Islam secara menyeluruh…tidak parsial…

Leave a comment

Filed under pendidikan

Leave a Reply

