Tahap-tahap Perkembangan Anak dalam Menulis

Assalamu’alaykum

Wah,rupanya uda 1 bulanan lebih buncil nggak posting di sini.

Kali ini buncil ingin berbagi materi kuliah tentang tahapan menulis pada anak.

semoga bermanfaat !!!

karena buncil belum ijin pada sumber pemberi materi, mungkin sebaiknya buncil harus mencantumkan sumbernya..

****

Tulisan dihasilkan oleh  anak Sekolah Al-Falah. Materi didapatkan melalui penelitian yang dilakukan oleh Creative Center for Childhood Research and Training, Inc.  (CCCRT)

Kerjasama:

Dit PADU, Ditjen PLSP, Depdiknas

Sekolah Al-Falah, Jakarta Timur

The Creative Center for Childhood Research and Training, Inc.

TAHAP  1

Coretan awal; coretan acak; coretan-coretan seringkali digabungkan seolah-olah “krayon” tidak pernah lepas dari kertas

TAHAP 2

Coretan terarah; tanda-tanda tertentu (seperti garis-garis atau titik-titik) diulang-ulang; biasanya bentuk lonjong; tanda-tanda itu belum berhubungan.

TAHAP 3

Pengulangan Garis dan Bentuk

TAHAP 4

Berlatih huruf. Anak-anak biasanya sangat tertarik huruf-huruf dalam nama mereka sendiri.

TAHAP 5

Menulis nama

TAHAP 6

Menyalin Kata-kata yang Ada di Lingkungan. Kata-kata yang terdapat pada poster di dinding atau dari kantong kata sendiri.

TAHAP  7

Menemukan Ejaan. Anak usia lima – enam tahun ini telah menggunakan konsonan awal (L untuk Love). Konsonan awal, tengah dan akhir untuk mewakili huruf (DNS) pada kata dinosaurus.

TAHAP 8

Ejaan Baku.

Usaha-usaha mandiri untuk memisahkan huruf dan mencatatnya dengan benar menjadi kata lengkap.

3 Comments

Filed under psikologis anak

3 responses to “Tahap-tahap Perkembangan Anak dalam Menulis

  1. atik

    thank…info ya…insyaalloh akan terapkan pd anakku

  2. postingan tersebut bisa gak dio gunakan untuk anak yg menghalami gagguan motorik halus
    atu keseimbangan senso-motorisnya terhamnbat??

  3. apakah setiap anak melewati seluruh tahapan tersebut?kalau salah satu tahap terlewatkan apakah berpengaruh pada tahap berikutnya?

Leave a comment